Friday 22 November 2013

Manajemen Sumber Informasi (IRM)

PENDAHULUAN

Informasi merupakan salah satu sumber utama dari perusahaan & dapat dikelola seperti halnya sumber lain. Dan IRM (Information Resource Management) merupakan metodologi siklus hidup
yang digunakan untuk menciptakan sistem yang menghasilkan informasi yang berkualitas

Selama bertahun-bertahun ,aktivitas computer perusahaan merupakan operasi kamar rahasia,tersembunyi dari penglihatan orang lain,dan hanya digunakan oleh spesialis informasi perusahaan.revolusi mikrokomputer menyebabkan terjadinya perubahan,yaitu hardwere computer tidak lagi ditempatkan diruang tersembunyi,namun ia didistribusikan keseluruh organisasi.

Selain distribusi hardwere secara fisik,pemahaman mengenai informasi dan computer juga telah tersebar luas-sekarang dijumpai disemua tingkat organisasi.perusahaan harus mengevaluasi kembali mengenai pesanan unit pelayanan informasi.maka diubahlah posisi spesialis informasi dan peranan yang dilakukannya.

PEMBAHASAN

BERBAGAI PANDANGAN TENTANG IRM

  • Informasi merupakan salah satu sumber utama dari perusahaan & dapat dikelola seperti halnya sumber lain.
  • IRM (Information Resource Management) merupakan metodologi siklus hidup yang digunakan untuk menciptakan sistem yang menghasilkan informasi yang berkualitas.

Definisi
IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen.

Tipe-tipe dari sumber informasi :
Informasi umum, informasi dari para spesialis, para pemakai, fasilitas-fasilitas, database, software, hardware.

Informasi sebagai sumber strategis
  • Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.
  • Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan :
ü  Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
ü  Informasi yang menerangkan penggunaan produk
ü  Informasi yang menerangkan kepuasan produk

Keuntungan kompetitif dicapai apabila :
-          Terjalinnya hubungan yang baik antara elemen-elemen
-          Diperlukan arus informasi dengan semua elemen-elemen lingkungannya
-          Pentingnya efisiensi operasi internal

INFORMASI SEBAGAI SUMBER INFORMASI

Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya: Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun system informasi yang bisameningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen yang bisa meningkatkanarus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.

Arus informasi antara perusahaan danpelanggan:
  1. Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
  2. Informasi yang menerangkan penggunaan produk
  3. Informasi yang menerangkan kepuasan produk

PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK SUMBER-SUMBER INFORMASI

Jika informasi akan digunakan sebagai sumber untuk mendapatkan keuntungan kompetitif maka penggunaannya harus direncanakan. Lebih dari itu perencanaan tersebut harus dilakukan oleh eksekutif perusahaan dan harus bersifat jangka panjang. Aktifitas perencanaan yang menidentifikasikan sumber-sumber informasi yang akan yang akan diperlukan pada masa yang akan datang dan cara penggunaannya dinamakan SPIR (Strategic Planning for Information Resources). Gagasan utama yang mendasari SPIR ini adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan rencana untuk sumber-sumber informasinya. Sumber-sumber informasi  harus digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Berdasarkan survey selama tahun delapan puluhan mengungkapkan bahwa SPIR adalah hal yang paling penting kaitannya dengan penggunaan komputer dalam bisnis. Namun demikian manajemen belum menyadari akan pentingnya SPIR ini. Kesadaran tersebut berkembang secara bertahap. Gagasan utama dari SPIR adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber- sumber informasi.

Sumber-sumber informasi harus digunakan untuk pencapaian tujuan. Perencanaan yang digunakan Top Down :
  1. BSP IBM (Business System Planning)merupakan Pendekatan studi total, Setiap manajer diinterview untuk menentukan kebutuhan informasi, kemudian sistem diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan informasi.
  2. CSF (Critical Success Factor), merupakan Perencanaan sumber informasi dengan mengidentifikasi kunci keberhasilan yang nenentukan keberhasilan dan kegagalan
  3. Transformasi susunan strategis, merupakan Misi, Tujuan, strategi dari perusahaan merupakan dasar tujuan, batasan, strategi perencanaan sistem. Proses pentransformasian dari susunan strategi organisasi menjadi susunan strategi SIM dinamakan proses perencanaan strategi SIM

MANAJEMEN DAN STRATEGI END USER COMPURING

Tugas perusahan adalah untuk menetapkan kebijaksanaan End User Computing yang memberikan fleksibitas kepada pemakai untuk melakukan inovasi dalam pengunaan computer.namun juga harus menentapkan kotrol untuk memastikan bahwa penggunaan tersebut mendukung tujuan
perusahaan.

Jenis end user:
1. End-User Non-Pemrograman. Pemakai (user) ini hanya mempunyai pemahaman komputer yang sedikit atau mungkin tak punya sama sekali, dan ia hanya menggunakan software yang telah dibuat oleh orang lain. Ia berkomunikasi dengan hadware dengan bantuan menu dan mengandalkan orang lain untuk memberikan bantuan teknis.User Tingkatan Perintah. Pemakai (user) ini menggunakan sofware tertulis yang telah tersedia, namun ia juga menggunakan 4GL untuk mengakses database dan membuat laporan khusus.
2. Progemmer End-User. Selain menggunakan software tertulis dan 4GL, pemakaian ini juga dapat menulis programnya sendiri dan menggunakan bahasa programan. Karena ia mempunyai pemahaman komputer yang lebih baik, ia biasanya menghasilkan informasi untuk pemakian non-programan dan pemakai tingkat perintah. Contoh pemakai jenis ini adalah aktuaris (penaksir), analis keuangan, dan insiyur.
3. Personel Pendukung Fungsional. Pemakai ini ditugaskan di unit fungsional perusahaan dan menangani penggunaan komputer. Ia mempunyai tingkatan sebagai ahli seperti yang ada di unit pelayanan informasi. Personel Pendukung Komputerisasi End-User. Spesialis informasi ini ditugaskan di unit pelayanan informasi, namun membantu end-user dalam pengembangan sistem.
4. Programmer DP. Ia merupakan golongan programmer khusus, yang ditugaskan di pelayanan informasi, yang diharapkan memberikan dukungan kepada end-user. Dukungan ini biasanya diberikan untuk menentukan harga kontrak.

Suatu strategi yang telah terkenal adalah penetapan atau pembangunan pusat informasi. Ini merupakan pemecahan yang dapat diimplementasikan dengan cepat,namun hal ini harus diikuti oleh perubahan-perubahan yang mendasar dari sifat-sifat yang telah permanen. Suatu contoh perubahan yang mendasar ini adalah bahwa pelayanan informasi melepaskan tugas sebagai sumber pemrosesan dan ia diberi tugas khusus untuk mengontrol jaringan.

Sumber :
http://diahanandagibran.wordpress.com/2013/11/02/materi-10/
cahayaniiminoz.blogspot.com/2011/12/manajemen-sumber-informasi-irm.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab19_manajemen_sumber_informasi.pdf
akukha.blogspot.com/2011/10/softskills-bab-10manajemen-sumber.html
try-putri.blogspot.com/2012/12/bab-10-manajemen-sumber-informasi-irm.html
mumuthvampireelf.blogspot.com/2013/01/10-manajemen-sumber-informasi-irm.html

1 comments: