Monday, 15 October 2012

Managemen Umum : usaha Bimbingan belajar (Bimbel)

 
Perencannaan pembuatan usaha
Bimbingan belajar (Bimbel)

Tujuan
            Pada masa sekarang,banyak para pelajar yang kurang atau sulit dalam memahami pelajaran di sekolahnya,dan adanya keterbatasannya jam perbelajaran bagi pelajar yang bertemu dengan guru mata pelajaran. Sehingga,banyak pelajar yang kurang bisa mengembangkan potensi dan kemampuannya. Maka dari itu,saya ingin membantu para pelajar untuk mengoptimalkan jam belajar mereka diluar jam sekolah guna memenuhi kebutuhan mereka dalam memahami pelajaran serta mengembangkan potensi dalam diri mereka,agar mereka dapat menggunakan kemampuan tersebut untuk kepentingan dirinya,lembaga pekerja dan masyarakat.



Pengurusan Perizinan
            Dalam membuka usaha,terlebih Bimbel. Kita harus membuat surat izin atau mengurus perizinan kepada lembaga atau institusi terkait,agar usaha kita legal dan sah di mata hukum. Perizinan usaha Bimbel yang kita buat,akan di data oleh dinas pendidikan karna usaha kita bergerak di bidang non formal pendidikan. Dinas pendidikan pun akan melihat beberapa syarat yang di ajukan kepada kita,seperti kurikulum. Dinas akan melihat kurikulum bimbel kita dan akan menyatakan layak atau tidaknya bimbel kita.       

Kelebihan
            Usaha Bimbel mungkin tidak asing lagi di kalangan masyarakat,usaha ini pun banyak peminatnya,dari siswa SD,SMP, dan SMA. Penyampaian materi pun sangat mudah di mengerti oleh para pelajar. Selain kelebihan tersebut,kita juga dapat membantu tujuan dari negara ini,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Kekurangan
            Usaha Bimbel memang tidak mudah,seperti Modal yang harus kita gunakan cukup besar dan banyak memiliki saingan dengan bimbel lainnya. Dalam usaha ini,kita juga di tuntut untuk menjaga kualitas bimbel yang kita jalani agar tidak membuat para konsumen kecewa. Kualitas dari segi tempat hingga kurikulum yang menunjang.

Pemasaran
          Dalam mempromosikan Bimbel,kita mempunyai banyak cara. Seperti menggunakan Media Online,atau media cetak yang sering digunakan pada umumnya. Media Online yang bisa kita gunakan,seperti : Facebook,Blog,Website. Jika kita ingin menggunakan media cetak,kita bisa menggunakan beberapa cara,seperti : Brosur,Pamplet,Spanduk atau kita juga bisa menggunakan Media Massa seperti Radio dan Koran. Dan kita juga bisa mempromosikan ke sekolah- sekolah dengan mempresentasilkan Bimbel kita.

Merencanakan Tahapan-Tahapan yang dilalui
   Pencarian Modal Usaha (Hal terpenting dalam memulai usaha bisnis).
  1.      Pencarian Tempat Usaha (Mencari tempat yang strategis untuk usaha agar dapat dijangkau oleh para pelajar,seperti tempat yang tidak jauh dari sekolah-sekolah). 
  2.      Pembuatan surat izin dari instansi atau lembaga pendidikan terkait.
  3.      Pembuatan kurikulum yang menunjang bagi siswa bimbel. 
  4.      Rekrutmen tenaga pengajar yang berkualitas. 
  5.      Mempromosikan Bimbel yang kita jalani. 
  6.      Menjaga kualitas dan  kenyamanan di Bimbel kita. 
  7.      Mengadakan acara outdoor,seperti :
    •        Outbond family 
    •               Seminar
Kunci sukses
            Kunci sukses dalam usaha ini terletak pada kualitas yang di berikan oleh kita kepada konsumen,pengajar yang berkualitas dan di sukai oleh siswa bimbel,kurikulum yang menunjang bagi siswa,dan kenyamanan tempat bimbel agar siswa dapat belajar dengan tenang dan tentram. Dengan begitu,para konsumen akan puas dan nyaman dengan usaha bimbel kita.

No comments:

Post a Comment