Wednesday 26 November 2014

DUNIA MARITIM : ALAM AIR YANG MENNGEJUTKAN DUNIA


Negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia terdiri dari 17.504 pulau. 9.634 pulau diantaranya belum memiliki nama dan 6.000 pulau diantaranya merupakan pulau yang tidak berpenghuni (manusia).

Negara maritim terbesar

Indonesia memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia mendapat pengakuan dunia yang tertuang dalam UNCLOS (United Nation Convention on the Law of the Sea) yang diratifikasi oleh negara-negara sedunia.

Garis pantai terpanjang kedua

Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada yakni 95.000 km yang merupakan 14% dari total panjang garis pantai yang ada di seluruh dunia.

Pulau Jawa pulau terpadat di dunia

Dengan kepadatan mencapai 979 jiwa per km2, pulau Jawa menjadi pulau terpadat di dunia mengungguli Honshu (Jepang), dan Britania Raya (Inggris).

Pulau buatan terpadat

Pulau Bungin yang berada dalam wilayah kecamatan Alas kabupaten Sumbawa NTB memiliki kepadatan 14.000 jiwa per km2 dengan luas yang hanya 8 ha. Saking padatnya kambing di pulau ini terbiasa memakan kertas, ikan kering, dan sobekan kain.

Terumbu karang terkaya

Diperkirakan, luas terumbu karang di dunia mencapai 284,300 km2. Indonesia mempunyai sekitar 18% terumbu karang dunia, dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia (dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 2500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2500 jenis Moluska, dan 1500 jenis udang-udangan). Sayang sekitar 60% diantaranya dalam kondisi rusak.

Spisies hiu terbanyak

Indonesia menjadi negara yang memiliki spesies hiu terbanyak di dunia dengan jumlah 150 spisies hiu diantaranya adalah hiu tutul.


Hutan bakau terluas

Berdasarkan data yang dikeluarkan Mangrove Information Center (2006) menyebutkan Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia. Luasnya mencapai 25% atau 4,5 juta hektar, dari total luas hutan mangrove di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 18 juta hectare. Jumlah itu, setara dengan 3,8% dari total luas hutan di Indonesia secara keseluruhan. Sayang keberadaan bakau cukup memprihatinkan. Kini hanya tersisa 40% hutan bakau yang masih baik di seluruh Indonesia

Ikan terkecil

Ikan dengan nama ilmiah Paedocypris progenetica ini ditemukan di lahan gambut Sumatera oleh tim peneliti dari Eropa dan Singapura. Tubuh ikan dewasa ini hanya sebesar nyamuk dengan panjang 7,9 mm. Ikan ini mengalahkan rekor ikan terkecil sebelumnya yang dipegang oleh ikan cebol (Trimmatom nanus), yang panjangnya 8 mm. Paedocypris progenetica masih satu keluarga dengan ikan gurame. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah Proceedings terbitan Inggris, pada Januari 2006.

0 comments:

Post a Comment